nkMtGzH7M0GNXPc7TeLnz6UrCbnatmLcfviwM4dV

Pola Kalimat "koto ga aru /koto ga nai" (~たことがある/~たことがない)



Ta koto ga aru / ta koto ga nai" (~たことがある/~たことがない) - Konnichiwa! Kira-kira materi yang akan kita bahas kali ini apa, ya? Ada yang bisa nebak nggak? Hehe.. Materi kita kali ini adalah pola kalimat ~ta koto ga aru dan ~ta koto ga nai. Yuk kita mulai!

STRUKTUR KALIMAT

K.K BENTUK BIASA LAMPAU + ことがある ことがあります

Pola kalimat ~ta koto ga aru digunakan untuk menyatakan kegiatan yang pernah kita lakukan/pengalaman yang pernah kita alami sebelumnya. Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia kurang lebih bermakna “…pernah (melakukan sesuatu)”.

Contoh, jika ingin mengatakan “saya pernah makan ikan” maka bahasa Jepangnya adalah sakana o tabeta koto ga aru. Ingat, bentuk kata kerja yang ada di depan ~koto ga aru harus kata kerja bentuk biasa lampau, ya.

Jika ingin menjadikan kalimatnya menjadi bentuk sopan/masu-kei, kita tinggal mengganti aru menjadi arimasu saja. Contoh, tabeta koto ga aru menjadi tabeta koto ga arimasu.

Contoh kalimat:

私はアメリカに行ったことがある Saya pernah pergi ke Amerika
そのPCを使ったことがある Saya pernah menggunakan PC itu
この映画を見たことがあります Saya pernah melihat film ini
木村先生はナシパダンを食べたことがありますか Apakah Kimura Sensei pernah makan Nasi Padang?


STRUKTUR KALIMAT

KK BENTUK BIASA LAMPAU + ことがない ことがありません

Bagaimana untuk menyatakan hal yang belum pernah kita lakukan? Kita hanya perlu mengganti aru/arimasu menjadi nai/arimasen saja. Contoh, tabeta koto ga aru/tabeta koto ga arimasu berubah menjadi tabeta koto ga nai/tabeta koto ga arimasen. Gampang, kan? Agar lebih paham, kita lihat contoh kalimat di bawah ini.

Contoh kalimat:

日本に言ったことがない Saya tidak pernah pergi ke Jepang
会社のイベントに来たことがない Saya tidak pernah datang ke event kantor
里奈さんは酒を飲んだことがありませんか Apakah Rina tidak pernah minum sake?
韓国語を勉強したことがありません Saya tidak pernah belajar bahasa Korea


Itulah penjelasan materi hari ini tentang ~ta koto ga aru dan ~ta koto ga nai. Semoga penjelasan Senpai mudah dipahami, ya. Kalau ada pertanyaan kalian bisa bertanya langsung di kolom komentar. Tetap semangat belajar dan jangan menyerah. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Mata ne!^^
Related Posts
Abe Senpai
こんにちは!AONAMI著者のアベです!😊 contact: aonami.id@gmail.com
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar