nkMtGzH7M0GNXPc7TeLnz6UrCbnatmLcfviwM4dV

Pola Kalimat "TSUMORI" / Berencana Akan Melakukan Sesuatu” (~つもりです)



Bermaksud Akan Melakukan Sesuatu (つもりです)Pada postingan kali ini, kita akan bersama-sama belajar tentang pola kalimat “bermaksud akan melakukan sesuatu” atau ~tsumori desu (~つもりです). Hajimemashou!

Secara harfiah, tsumori dapat diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai “maksud/rencana”. Penambahan tsumori di akhir kata kerja dalam kalimat ini digunakan untuk menyatakan maksud/rencana yang akan dilakukan oleh seseorang. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan tsumori ini. Pertama, tsumori hanya boleh digunakan untuk menyatakan maksud/rencana diri sendiri. Tsumori tidak boleh digunakan untuk menyatakan maksud/rencana orang lain karena hal itu dianggap tidak sopan dalam bahasa Jepang. Jika akan mengatakan maksud/rencana yang dimiliki oleh orang lain, kita bisa menggunakan yotei. Penjelasan mengenai yotei (予定) bisa dibaca di sini.

Kedua, tsumori hanya boleh digunakan apabila seseorang sudah yakin atau sudah pasti dengan apa yang akan dilakukannya, jadi pastikan kita telah menetapkan maksud sebelum memutuskan untuk berbicara. Untuk menyatakan maksud yang belum pasti dilakukan (masih berupa rencana di kepala saja), gunakanlah pola kalimat to omou. Penjelasan mengenai to omou (と思う) bisa dibaca di sini.


STRUKTUR KALIMAT

Kata Kerja Bentuk Kamus + つもりだです

Contoh kalimat:
来年デヴァさんは日本に行くつもりです。Tahun depan Deva bermaksud akan pergi ke Jepang.
もう夏ですから、来週そうめんを作るつもりだ。 Karena sudah musim panas, minggu depan saya bermaksud akan membuat soumen (mie soba dingin).
三月に韓国に旅行しますから、明日から一所懸命韓国語を勉強するつもりだ。 Karena bulan Maret akan pergi ke Korea, mulai besok saya berencana akan belajar bahasa Korea dengan sungguh-sungguh.
彼女と結婚するつもりです。Saya bermaksud akan menikah dengan pacar saya.


Apabila ingin menyatakan “tidak berencana/bermaksud untuk melakukan sesuatu”, maka ubah kata kerja menjadi ke dalam bentuk negatif atau ganti desu di belakang tsumori dengan wa arimasen (~はありません).


STRUKTUR KALIMAT

K.Kerja Bentuk Kamus + つもりはありません
K.Kerja Bentuk Kamus Negatif + つもりです


Contoh Kalimat:
新しい家を買うつもりはない。 Saya tidak berencana untuk membeli rumah baru.
来月のイベントに来ないつもりだ。 Bulan depan saya berencana untuk tidak datang ke event.
私はタバコを吸わないつもりです。 Saya bermaksud untuk tidak merokok lagi (berhenti merokok).
体が悪いですから、明日弁論大会に行くつもりはありません。 Karena sedang sakit, saya berencana untuk tidak datang ke lomba pidato besok.


Bagaimana, tidak sulit, kan? Senpai rasa juga tidak sulit karena ini adalah salah satu tata bahasa yang harus kalian pahami jika ingin lulus JLPT level N5/dasar. Kalau ada pertanyaan jangan lupa tinggalkan pesan di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Mata ashita^^
Related Posts
Abe Senpai
こんにちは!AONAMI著者のアベです!😊 contact: aonami.id@gmail.com
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar