nkMtGzH7M0GNXPc7TeLnz6UrCbnatmLcfviwM4dV

Partikel TO dan YA (と dan や)


Perbedaan Partikel to dan ya - Kali ini Senpai akan menjelaskan pengertian sekaligus perbedaan fungsi dari partikel to dan ya. Selama ini Sensei perhatikan masih banyak pembelajar bahasa Jepang (khususnya yang baru belajar bahasa Jepang) masih bingung kapan harus memakai partikel to, kapan memakai partikel ya. Jadi di postingan ini akan Senpai bahas secara detail tentang kedua partikel tersebut. Langsung saja kita masuk ke materi, ya.

PARTIKEL と

Partikel to berfungsi untuk menghubungkan / menyambungkan kata benda dengan kata benda lain yang setara. Partikel ini memiliki arti dan fungsi yang sama dengan kata “dan” dalam bahasa Indonesia. Selain memiliki arti “dan”, partikel ini juga memiliki arti “dengan”. Ingat, partikel to hanya bisa digunakan untuk menyambungkan kata benda saja, jadi tidak bisa dipakai untuk menyambungkan kata kerja dan kata sifat.


STRUKTUR KALIMAT

K.BENDA 1 +  + K.BENDA 2

Contoh kalimat:

母と父 ayah dan ibu
ここは中学生と高校生がいる Di sini ada siswa SMP dan siswa SMA
駅の前に山本さんと木村さんを見た Saya melihat yamamoto dan kimura di depan stasiun



PARTIKEL 

Sekilas mungkin partikel ya memiliki arti yang sama dengan to, yaitu berarti "dan". Tetapi, fungsi dari partikel ya ini adalah untuk menyebutkan beberapa kata benda sebagai perwakilan dari kata benda lain. Jika kita menggunakan partikel to, maka kata bendanya harus kita sebutkan semua. Tetapi, jika menggunakan partikel ya, maka ada beberapa kata benda yang tidak disebutkan dalam kalimat. Dalam konteks tertentu biasanya partikel ya digunakan bersama-sama dengan kata nado yang artinya “lain-lain”.


STRUKTUR KALIMAT

K.BENDA 1 +  + K.BENDA 2


Misalnya, di dalam kelas terdapat banyak barang seperti meja, kursi, papan tulis, tas, rak buku dan lain-lain. Ketika kita ingin menyebutkan barang-barang yang ada di kelas tetapi tidak ingin menyebutkan semuanya, maka gunakanlah partikel ya. Tetapi, jika ingin menyebutkan semua barang yang ada di dalam kelas, maka gunakanlah partikel to. Untuk lebih jelasnya kita simak contoh berikut.

クラスで本や机や椅子などがある
Di dalam kelas ada meja, buku, kursi dan lain-lain.
(artinya masih banyak barang-barang di kelas yang tidak disebutkan).

Contoh kalimat:

台所で油や里や尖らしなどがある Di dapur ada minyak, gula, cabe dan lain-lain.
スーパーでカバンや財布やドレスなどを買いに行きました Saya pergi belanja tas, dompet, baju dan lain-lain di supermarket.
私は大学で漢字や文法や読解などを勉強する Di universitas saya belajar kanji, tata bahasa, membaca dan lain-lain.


Itulah materi minggu ini tentang pengertian dan perbedaan fungsi partikel to dan ya. Semoga mudah dipahami, ya. Jangan lupa jika kalian ada pertanyaan bisa ditanyakan lewat kolom komentar di bawah. Tetap semangat dan jangan menyerah, ya. Mata ne^^
Related Posts
Abe Senpai
こんにちは!AONAMI著者のアベです!😊 contact: aonami.id@gmail.com
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar